Total Tayangan Halaman

Selasa, 26 Januari 2010

STANDAR PROSESI PEMBELAJARAN TKQ

STANDAR PROSESI PEMBELAJARAN
A. Pendekatan
Pembelajaran TKQ dilakukan melalui pendekatan Klasikal dan individual ( Private ).
B. Metode
Metode Pembelajaran disesuaikan dengan tahap perkembangan anak serta memperhatikan prinsip “ Bermain sambil Belajar atau “ Belajar seraya bermain “.
C. Bahan Ajar
Bahan ajar disesuaikan dengan kurikulum sesuai dengan tingkatannya.
D. Metode Pembelajaran.
Media Pembelajaran hendaklah menarik dan menyenangkan, aman dan tidak membahayakan, memenuhi unsure keindahan dan kerapihan, dapat membangkitakn kreativitas Program Pembelajaran.
E. Metode Pengajaran.
Metode pengajaran merupakan salah satu cara atau alat untuk mencapai kemampuan atau tujuan yang diharapkan. Jadimetode adalah salah satu cara ungtuk menyampaikan bahan pengajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar sehari – hari. Secara teoritik berbagai macam metode yang ada dan dapat digunakan, tetapi pada kegiatan TKQ hanya sejumlah metode tertentu saja yang mungkin dapat diterapkan mengingat tingkat perkembangan Anak yang masih Usia Dini. Penerapan metode pengajaran hendaknya dilandasi oleh prinsip “ Bermain sambil Belajar atau “ Belajar seraya bermain “.
Salah satu kemungkinannya adalah dengan cara memadukan beberapa metode dalam satu pertemuan atau divariasikan dengan pendekatan seni, yaitu seni bermain, bercerita dan menyanyi pada tiap kegiatan belajar mengajar.
Sejumlah metode yang dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di TKQ adalah sebagai berikut :
1. Metode Bercerita
2. Metode Tanya Jawab
3. Metode Demontrasi
4. Metode Pembagian Tugas
5. Metode Sosiodramaga / Bermain Peran
6. Metode Latihan / Driil
7. Metode Kerja Kelompok
8. Metode Karyawisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar