B. Metode
Metode pembelajaran disesuaikan dengan tahap perkembangan anak serta
memperhatikan prinsip "Bermain Sambil Belajar" atau "Belajar
Seraya Bermain".
C.
Bahan Ajar Bahan ajar disesuaikan dengan
kurikulum sesuai tingkatannya.
D.
Media Pembelajaran
Media pembelajaran
hendaklah menarik dan rnenyenangkan, arnan dan tidak membahayakan, memenuhi
unsur keindahan dan kerapihan, dapat membangkitkan kreatifitas program
pembelajaran.
E.
Metode Pengajaran
Metode pengajaran
merupakan salah satu cara atau alat untuk mencapai kemampuan atau tujuan yang
diharapkan. Jadi metode adalah suatu cara untuk menyampaikan bahan pengajaran dalam
proses kegiatan belajar mengajar sehari-hari.
Langkah awal dalam menentukan seb.uah metode tepat adalah
dengan mengetahui terlebih dahulu kemampuan atau tujuan yang diharapkan,
kegiatan yang akan direncanakan, pengelolaan santri serta alat yang akan
digunakan.
Secara teoritik, berbagai ragam metode yang ada dan dapat
digunakan, tetapi pada kegiatan TKQ hanya sejumlah metode tertentu saja yang
mungkin dapat
diterapkan mengingat tingkat perkembangan santri yang masih usia dini. Penerapan metode pengajaran hendaknya difandasi oleh prinsip "bermain sambil belajar dan belajar
seraya bermain".
Salah satu kemungkinannya adalah dengan cara memadukan beberapa metode
dalam satu pertemuan atau divariasikan
dengan pendekatan seni, yaitu seni bermain, bercerita dan menyanyi
pada tiap kegiatan belajar mengajar.
Sejumlah metode
yang dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di TKQ adalah
sebagai berikut:
1.
Metode Bercerita
2.
Metode Tanya Jawab
3.
Metode Demonstrasi
4.
Metode Pembagian Tugas
5.
Metode SosiodramalBermain Peran
6.
Metode Latihan/Driil
7.
Metode Kerja Kelompok
8.
Metode Karyawisata
Tidak ada komentar:
Posting Komentar