Total Tayangan Halaman

Sabtu, 09 Oktober 2010

STANDAR PROSES PEMBELAJARAN

A. Pendekatan Pembelajaran TKQ, TPQ dan TQA dilakukan melalui pendekatan klasikal dan individual (private).


B.     Metode
Metode pembelajaran disesuaikan dengan tahap perkembangan anak serta memperhatikan prinsip "Bermain Sambil Belajar" atau "Belajar Seraya Bermain".

C.     Bahan Ajar Bahan ajar disesuaikan dengan kurikulum sesuai tingkatannya.

D.     Media Pembelajaran
Media pembelajaran hendaklah menarik dan rnenyenangkan, arnan dan tidak membahayakan, memenuhi unsur keindahan dan kerapihan, dapat membangkitkan kreatifitas program pembelajaran.

E.     Metode Pengajaran
Metode pengajaran merupakan salah satu cara atau alat untuk mencapai kemampuan atau tujuan yang diharapkan. Jadi metode adalah suatu cara untuk menyampaikan bahan pengajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar sehari-hari.

Langkah awal dalam menentukan seb.uah metode tepat adalah dengan mengetahui terlebih dahulu kemampuan atau tujuan yang diharapkan, kegiatan yang akan direncanakan, pengelolaan santri serta alat yang akan digunakan.
Secara teoritik, berbagai ragam metode yang ada dan dapat digunakan, tetapi pada kegiatan TKQ hanya sejumlah metode tertentu saja yang mungkin dapat


diterapkan mengingat tingkat perkembangan santri yang masih usia dini. Penerapan metode pengajaran hendaknya difandasi oleh prinsip "bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain".

Salah satu kemungkinannya adalah dengan cara memadukan beberapa metode dalam satu pertemuan atau divariasikan dengan pendekatan seni, yaitu seni bermain, bercerita dan menyanyi pada tiap kegiatan belajar mengajar.
Sejumlah metode yang dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di TKQ adalah sebagai berikut:
1.   Metode Bercerita
2.   Metode Tanya Jawab
3.   Metode Demonstrasi
4.   Metode Pembagian Tugas
5.   Metode SosiodramalBermain Peran
6.   Metode Latihan/Driil
7.   Metode Kerja Kelompok
8.   Metode Karyawisata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar