Kegiatan Belajar Mengajar akan
berjalan dengan balk apabila didukung dengan sarana dan somber belajar yang
memadai. Sehingga akan memberikan kemudahan bagi guru dalam menerapkan metode
pengajaran yang direncanakan selain itu santri
akan senang dan mudah dikondisikan.
Sarana yang dibutuhkan
dalam mendukung proses kegiatan belajar mengajar antara lain sarana belajar dan
sarana bermain termasuk alat pembeiajaran yang
sesuai dengan tujuan pembeiajaran yang direncanakan.
Macam-macam sarana
dan sumber belajar yang diperlukan adalah sebagai berikut:
A. SaranaBelajar
1. Yang dimaksud dengan sarana belajar adalah segala benda atau alat pendukung yang diperlukan dalam
kegiatan belajar mengajar agar KBM berjalan lancar,
teratur, efektif dan efesien. Wujudnya dapat berupa buku-buku
pegangan santri, alat peraga. perangkat elektronik (tape, kaset lagu Islami, kaset bacaanAI-Qur`an,
all)
2.
Sebagian
sarana belajar tersebut dapat diperoleh melalui toko atau depot lembaga Pembina atau pengembang
di daerah masing-masing tetapi dapat Pula dibuat sendiri oleh guru terutama alat-alat yang sederhana. Hal ini mengacu
pada buku pegangan atau bahan pengajaran
yang ada.
3.
Selain
upaya pengadaan hal panting yang perlu diperhatikan
adalah usaha pemeliharaan dan penyimpanan sarana yang telah ada, misalnya pada satu ruang khusus (tersendiri), yaitu ruang kantor atau ruang guru.
B. Sarana Bermain dan
Alat Permainan
1.
Sarana
bermain dan alat permainan adalah bagian tak terpisahkan dari sarana belajar. Hal ini mengacu pada psikologi
anak yang masih dalam dunia bermain.
2.
Penggunaan
nama "Taman" pun secara psikologis menuntun konsekuensi tersendiri adanya unsur
kenyamanan bagi santri yaitu tempat yang disenangi
oleh anak untuk bermain.
3. Dengan pendekatan pembelajaran yang
dilandasi prinsip "bermain
sambil belajar dan
belajar seraya bermain" menunjukan
bahwa pengadaan sarana bermain berikut alat permainannya hendaklah ditandai
oleh pertimbangan dapat difungsikan sebagai media pendidikan dan media
pembelajaran.
Idealnya
sarana bermain dan alat permainan memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
fc Menarik dan menyenangkan anak
Amain
dan tidak membahayakan anak
c Memenuhi unsur keindahan dan kerapihan Merangsang kreativitas anak
Mendukung paket pengajaran yang
diprogramkan
psi' Dapat digunakan KBM kiasikal atau individual
4. Wujud
sarana bermain dan alat permainan di TK Al-Qur'an secara umum sama halnya
dengan yang berlaku di TK Islam maupun TK Umum.
C. Sumber Belajar
1. Sumber belajar adalah berbagai sumber rujukan bagi
guru untuk melakukan interaksi dalam proses kegiatan belajar
mengajar. Sumber belajar erat kaitannya dengan sarana belajar dan alat permainan
namun pusat sumber belajar lebih luas dan fariatif daripada
sarana belajar karena pada dasarnya sumber belajar bisa diambil
tidak saja dari lokasi sekolah melainkan lingkungan sekitar, di rumah,
ditempat rekreasi, dll.
2.
Di lingkungan
sekolah dan sekitarnya sumber belajar
tersebut dapat berupa perpustakaan, guru-guru (nara sumber sekolah), masjid dan alam sekitarnya. Dirumah
dapat berupa orang tua serta kakak yang duduk
dibangku sekolah yang lebih tinggi (nara sumber dirumah),
televisi, radio, kaset video dsb. Di tempat
rekreasi dapat berupa museum dan tempat-tempat bersejarah, dsb.
Yang dituntut dari pihak guru
adalah bagaimana agar pusat-pusat sumber belajar dimanfaatkan guna menunjang
pengembangan aktifitas santri dalam belajar, bersosialisasi, dan berinteraksi.
Untuk . itu guru tidak hanya aktif dalam
kegiatan belajar mengajar intra kurikuler melainkan juga ekstrakurikuler dengan
ragam metode pengajaran yang sesuai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar